Sekedar LPIK

My photo
Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) Bandung

Friday, December 6, 2013

Studi Literasi di Kalangan Mahasiswa dan Pelajar


Oleh Fadli Gemilang

Studi kepenulisan atau literasi dikalangan pelajar dan mahasiswa memamg belum sepopuler studi-studi lainnya. Contohnya studi mengenai IT (Ilmu Tekhnologi) atau studi bahasa asing yang menjamur banyak dimana-mana. Namun meski begitu, studi literasi sangatlah penting diajarkan pada kalangan mahasiswa dan pelajar.
Hal tersebut dikarenakan studi literasi atau kepenulisan itu sendiri, kedudukannya sangat fundamental dalam proses pembelajaran. Banyak sekali khususnya dalam perkuliahan, tugas yang memerlukan skill literasi yang tinggi. Seperti contohnya laporan praktikum maupun skripsi.
Yang paling pertama jika ingin tulisan kita bagus, kita harus membiasakan diri untuk menulis. Setelah kita membiasakan diri dan lama-kelamaan sudah terbiasa. Kita harus membekali diri dengan membaca buku-buku lain sebagai referensi. Agar kita dapat membandingkan dan mendiagnosa tulisan-tulisan yang diolah sesuai dengan kaidah penulisan.
Selain itu juga kita harus membekali diri kita dengan ilmu pengetahuan agar dapat memperkaya tingkat nutrisi intelektual kita.