Sekedar LPIK

My photo
Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) Bandung

Thursday, March 6, 2008

Toleran

Toleransi dan Perbedaan Pendapat
Oleh Fauzan

Toleransi berati menghormati pendapat oran lain. Kenapa kita harus bertoleransi, karena kita pasti akan menemukan orang yang berbeda pendapat dengan kita.

Setiap orang dilahirkan berbeda, baik secara jasmani maupun rohani. Kalau dari segi fisik, maka kita akan menemukan bahwa setiap orang mempunyai ciri khasnya masing-masing. Baik dari segi wajah, badan, dan yang paling jelas adalah mungkin sidik jari kita. Dari segi rohani, maka kita akan selalu menemukan orang yang berbeda, baik dari pemikiran, ideologi, agama, dll.

Karena perbedaan adalah fitrah khususnya pada manusia, maka seharusnya toleransi adalah fitrah yang khas pula bagi manusia. Apalagi manusia diberi akal yang digunakan untuk mencari, menemukan, mempelajari, dan sekaligus menghormati orang lain. Tidak selayaknya kita manusia mencaci, mencela, dan merendahkan orang lain.


Jadi sebenarnya, manusia wajib memiliki rasa toleransi karena akalnya. Maka dapat diambil kesimpulan, bahwa seseorang yang tidak toleran, akan bisa mempunyai derajat orang yang tidak berakal atau gila, atau bahkan seperti hewan yang tidak berakal sama sekali, seperti anjing mungkin atau monyet, atau hewan lainnya.

Wassalam.

Nb :

Bisa jadi yang dicela lebih mulia, lebih tinggi derajatnya, lebih tinggi ilmunya, dan yang lebih penting lebih bermanfaat dari orang lain.

Bisa jadi si pencela lebih hina, lebih rendah derajatnya, lebih bodoh, dan yang lebih parah, tidak bermanfaat dan merugikan orang lain.

No comments: