Sekedar LPIK

My photo
Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) Bandung

Friday, September 21, 2007

Solilokui

Sajak-Sajak M Arkan Rahmatullah*

Solilokui 1

Kadang aku ingin melipat jasad..
Di keheningan malam yang senyap..
Menunggu dan menunggu,
Sebuah jeda yang semakin sayu..
Perempuan..
Dan hadirmu beningkan solilokui ini,
Sebab dalam sunyi,
Aku tak bisa bernyanyi sendiri..


Solilokui 2

Ada yang sempat tak terucap,
Meski hening belum menyergap..
Di sini, si surau yang berpeluh,
Seribu dendam jatuh,
Seperti firman yang jauh..
Saudaraku..
Ternyata dalam sunyi,
Kita harus bernyanyi sendiri..


Solilokui 3

Membaca solilokui ini,
Hanya ada jelaga tak berperigi..
Aku ingat pernah menelan api,
Mengalirkan nyali,
Mengubur nurani, hingga mati
Dalam hari-hari yang nyeri..
Sedang aku ingin kembali,
Kembali menantang mentari..


Solilokui 4

Katakan solilokui ini hanya
Hamparan gulita rasa percuma
Batas upaya diri di jelang senja
Sebelum lelap hadir menerka..
Namun, tidakkah ia pernah berarti,
Retakan sesal dan nestapa yang mengunci
Setelah mauvaise foi ini tak lagi berdiri
Pada sejuk, pada api..
Dan sekali lagi, aku hanya harus berhenti..!

No comments: