Sekedar LPIK

My photo
Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK) Bandung

Tuesday, February 3, 2009

Shalat

Berbagi Pencerahan Shalat
Oleh AHMAD SAHIDIN

ADA sebuah pepatah bilang: prestasi dan sukses tidak bisa diraih begitu saja jika tidak mengetahui ilmunya. Termasuk dalam urusan kerja, misalnya bagian listrik. Jika tidak tahu bagian instalasi dan aksesoris lisrik, dan penggunaan alat-alatnya, pasti jika coba-coba mengotak-atik sendiri tanpa memiliki ilmunya pasti tidak bisa benerin kerusakan listrik. Juga dalam urusan editing, jika tak tahu tatabahasa dan tidak memiliki ilmu editing, bukannya buku tersebut bagus dan enak dibaca, bisa-bisa banyak yang hilang substansi dan tambah jlimet bacanya. Begitu juga dalam urusan ibadah,harus ada ilmunya.

Bukankah termasuk bid`ah perbuatan seorang Muslim atau Muslimah yang melakukan ibadahnya tanpa dalil-dalil agama? Untuk mengtahui dalilnya, tentu saja harus membaca kitab-kitab fikih yang berjilid-jilid dan bertanya pada ahlinya. Dan tidak setiap orang, yang berada di sekitar kita itu punya kafasitas dalam urusan fikih. Setiap orang punya kafa`ah (spesialisasi) yang berbeda. Bagaimana jika kita sedang membutuhkan pengetahuan dan tidak ada yang bisa menjawab; berarti harus datang ke ahlinya. Jika tidak memungkinkan datang, tentu kita bisa melihat dan membaca buku-buku tentang persoalan yang kita ingin pecahkan, tapi bersifat ringkas dan padat. Tentunya kita harus memiliki atau menyediakannya di rumah atau kantor. Jadi, jika pas ada masalah, langsung buka. Jika masih ada masalah, rujuk buku lainnya. Jika tetap muncul lagi masalah, datanglah ke pakarnya. Ini trik saya.

Mekipun sudah datang ke pakarnya, tapi tetap saja saya bermasalah dalam urusan shalat. Dari mulai menguap, tidak konsentrasi, lupa bacaan dan lupa jumlah rakaat, pikiran melayang, dan lainnya. Itu masalah-masalah yang saya alami dalam setiap shalat.

“Itu mah tidak khusyuk,” kata seorang ustadz. Dan, diberilah saya beberapa tips agar bisa khusyuk.

Ajaib, satu jam dikasih tahu, bukannya khusyuk malah terganggu dengan ujaran dan nasihat si ustadz tadi. Karena tidak berhasil, saya datang ke ustadz lain. Ustadz yang satu ini tidak memberikan tips, malah bilang bahwa ia sendiri sama tidak bisa khusyuk.

“Saya juga sama, masih belajar. Baca buku dan shalatlah terus!” katanya.

Saya pun baca buku. Pinjam sana sini. Beberapa buku sudah dilahap. Tapi tetap saja shalat saya masih bermasalah. Dari satu bacaan ke bacaan buku lainnya umumnya sama. Namun, alhamdulillah, pada pertengahan Desember 2008 diberi kesempatan membaca sebuah naskah pra-cetak yang berjudul “Shalat T.O.P (Terjaga Oleh Pengetahuan)” karya Drs. H. Fatikhin dan H. Muhammad Saifudin, Lc., yang akan diterbitkan Penerbit Salamadani Bandung, Februari 2009.

Setelah saya melihat-lihat isinya, ternyata sedikit berbeda dengan buku yang sudah saya baca. Buku ini isinya terbagi dalam lima bagian. Pertama adalah membahas tentang arti shalat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya; kedua adalah tentang tata cara pelaksanaan shalat seperti pra-pelaksanaan, ketika melaksanakan, pascapelaksanaan; ketiga adalah menguraikan tentang khusyuk atau substansi shalat; keempat adalah kemudahan-kemudahan dalam shalat; dan kelima adalah membahas hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh umat Islam dalam ibadah shalat.

Tiga bagian terakhir dari buku ini saya anggap cukup menarik dan jarang ada yang membahasnya. Karena bila melihat buku-buku fikih, baik itu terjemahan dari Timur Tengah maupun yang ditulis penulis lokal (Indonesia), kebanyakan hanya mengulas pendapat-pendapat imam mazhab fikih dan dalil-dalil yang berhubungan dengan gerakan dan bacaan shalat. Mungkin di sini bedanya dengan buku-buku shalat lainnya: menyajikan aspek dzahir dan batin shalat. Saya kira ini keunggulannya; karena sangat jarang yang menyajikan dua sisi tersebut dalam satu buku yang tidak tebal dan bahasa yang mudah dicerna.

Keunggulan lainnya: di dalamnya dilengkapi dengan gambar-gambar praktik gerakan shalat, sehingga Anda yang ragu apakah sudah benar atau tidaknya gerakan shalat, bisa merujuk ke gambar tersebut. Juga berisi tips-tips khusyuk dan pilihan bacaan shalat yang pendek dan mudah diingat.

Saya kira—seperti saya yang banyak mendapat masalah dalam ibadah shalat—sangat terbantu dan sekaligus jadi pemandu dalam menegakkan shalat. Harus diakui, setelah baca buku itu, entah dari mana datangnya ada sebuah dorongan kuat untuk terus meraih hakikat shalat dan mendapatkan ketenangan dalam shalat. Hingga sekarang, dorongan tersebut terus menggebu—meskipun memang harus saya akui shalat saya belum mencapai tahap seperti para wali, sahabat dan Rasulullah saw.

Buku ibadah seperti ini sebaiknya kita miliki. Meskipun sudah punya buku shalat yang lain, tapi tak salah jika Anda memiliki buku ini sebagai pembanding dan penyempurna dari buku-buku shalat lainnya. Membeli buku, nilainya sangat berbeda dengan beli sepatu. Satu tahun atau dua tahun, sepatu akan mengalami rusak. Bila sudah rusak pasti harus dibuang dan beli lagi. Tapi untuk buku ibadah, meskipun kita sudah wafat, pasti akan sangat berguna diwariskan ke anak cucu kita. Beda dengan buku pelajaran dan buku teknologi serta buku-buku teoritis lainnya, tiap tahun pasti harus berganti menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Bandung, Januari 2009

No comments: